Cegah Stunting, Babinsa Gentawangi Dampingi Balita Imunisasi

Banyumas - Guna mencegah Stunting dan menambah kekebalan tubuh bagi Balita. Puskesmas Jatilawang dan Posyandu Desa Gentawangi menggelar imunisasi rutin kepada seluruh Balita yang dihadiri H. Kuswo Kepala Desa Gentawangi, ibu Lina Angraeni A. Md. Kes., (Bidan Desa) yang didampingi oleh Sertu Suprihadi Babinsa Koramil 21/Jatilawang serta kader Posyandu. Selasa 24/01/2023.

 


Pada kesempatan itu Danramil 21/Jatilawang Kapten Inf Hadi Suroso menyampaikan bahwa imunisasi rutin kepada seluruh Balita bertujuan untuk mengetahui balita tumbuh sehat guna mencegah gangguan pertumbuhan sedini mungkin (stunting).

 


Untuk Balita yang mengikuti imunisasi rutin dan lanjutan mulai umur 01 bulan s/d 5 tahun dengan jumlah hadir 36 Balita yang ada di wilayah RW 03  Desa Gentawangi. Melalui kegiatan imunisasi ini, posyandu berperan penting dalam mencegah risiko stunting pada anak.

 

Sedangkan penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu dengan tujuan untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.

 

Jenis Imunisasi yang diberikan meliputi MR Lanjutan, Pentavalen, Polio, Pentavalen Lanjutan, MR, PCV, dan Vaksin RV dan Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar. Pungkasnya. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma

Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas