Koramil Somagede Ikuti Kegiatan Adat Bersih Petilasan Manggih Sari

Banyumas – Kegiatan bersih petilasan Manggih Sari yang terletak di dukuh Somakaton gunung Desa Somakaton Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas merupakan adat budaya dari leluhur yang turun temurun dilaksanakan sampai dengan sekarang. Kamis (19/01/2023).


Tampak Koramil 09/Somagede, Polsek Somagede, mahasiswa Unsoed Purwokerto beserta Kades dan perangkat Desa Somakaton sedang menghadiri adat budaya bersih petilasan yang dipimpin oleh tokoh adat Mbah Jaya Martono.

Pada kesempatan itu Danramil 09/Somagede Kapten Inf Susilo Prasetiyo menyampaikan bahwa kegiatan adat budaya ini merupakan warisan dari nenek moyang yang harus kita jaga, selagi kegiatan ini baik dan tidak menyimpang maka perlu dilestarikan.

Tradisi ini sudah menjadi turun temurun yang di laksanakan oleh warga desa Somakaton khususnya warga Grumbul Somakaton Gunung atau di wilayah Kadus 3 dengan tujuan mempererat tali silaturahmi dengan sesama guna meningkatkan suasana guyub rukun di antara kita. Tambahnya.

Jadi inti dari kegiatan adat budaya bersih petilasan Manggih Sari yaitu doa bersama yang dipimpin oleh tokoh adat, serta dilanjutkan makan bersama sebagai rasa syukur atas limpahan rizki yang diberikan oleh sang pencipta kepada warga desa Somakaton.

Kami ucapkan terima kasih atas undangan yang diberikan dari panitia, karena dengan ini kami jadi tahu akan adat budaya leluhur yang ada, kita harus menyadari bahwa dengan segala perbedaan yang ada namun Indonesia tetap satu dalam bingkaian Bhineka Tunggal Ika. Pungkasnya. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma

Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas