Detasseling Tanaman Jagung Kodim Guna Peroleh Hasil Yang Baik

Banyumas – Kodim 0701/Banyumas beserta BPP Kecamatan Kembaran dan CV. Satria Agri Bisnis Purwokerto melaksanakan proses detaseling tanaman jagung dilahan pertanian seluas 1 Hektar di Desa Linggasari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas yang bertujuan untuk memperoleh hasil jagung yang baik dalam program ketahanan pangan. Rabu 24/05/2023.


Proses Detasseling tanaman jagung ini dilakukan oleh Sertu Tofik Hidayat Bati Wanwil Staf Ter Kodim 0701/Banyumas, Babinsa Koramil 06/Kembaran, Petugas Penyuluh Pertanian BPP Kembaran, CV. Satria Agri Bisnis Purwokerto dan Ibu Winarni pemilik lahan jagung tersebut.

Pada kesempatan itu Pasiter Kapten Inf Subandi menyampaikan bahwa kegiatan pagi hari ini kita bersama-sama melaksanakan proses detasseling yaitu pembuangan bunga jantan pada tanaman yang dijadikan betina. Kegiatan ini dilakukan saat bunga jantan akan keluar (sebelum polen pecah) dan sangat menentukan keberhasilan pembentukan F1. Jika tidak dilakukan detasseling maka ada kemungkinan terjadi selfing.

Detaseling dilakukan supaya terjadi perkawinan antara dua indukan, jika tidak dicabut maka akan terjadi perkawinan/penyerbukan sendiri. Cabut bunga dilakukan saat tanaman berumur 45-50 hari setelah tanam.

Teknik pemotongan bunga jantan adalah sebagai berikut, lakukan pembuangan bunga jantan pada tanaman yang dijadikan betina saat tassel baru keluar dan polen belum pecah, cabut bunga tersebut menggunakan tangan dengan menyertakan maksimal dua daun dan dilakukan pada pagi hari. Pungkasnya. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma

Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas