Linmas Kembaran Diberi Materi TNI-Polri Dan Damkar

Banyumas – Wujud Kesiapsiagaan, Koramil 06/Kembaran dan Polsek Kembaran beserta Damkar Banyumas memberikan pembekalan dan pelatihan tentang fungsi dan peran Linmas se Kecamatan Kembaran dalam rangka Belanegara, Kamtibmas dan  mengatasi kebakaran yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas yang di buka langsung oleh Camat Kembaran Omar Udaya, S.STP., M.Si., Selasa (20/06/2023).


Pada kesempatan itu Danramil 06/Kembaran Kapten Inf Rasto menyampaikan Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Selain itu pelatihan tersebut akan meningkatkan jiwa kebersamaan yang tinggi antar sesama Linmas, membina mental yang kuat serta dapat meningkatkan  kerjasama yang baik guna memupuk jiwa nasionalisme yang tinggi.

Camat Kembaran Omar Udaya, S.STP., M.Si., dalam kegiatan itu menyampaikan mari kita ciptakan Keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kecamatan Kembaran bersama dan saling menjaga dengan kegiatan melaksanakan siskamling. 

Babinsa dan Bhabinkamtibmas adalah mitra Linmas di Desa, jadi jangan sungkan-sungkan untuk saling berkomunikasi dan berkoordinasi dangan merek guna menciptakan situasi yang kondusif, apalagi sekarang menghadapi tahun politik.

Pelatihan dari Damkar Banyumas adalah upaya pencegahan lebih baik jika dibandingan dengan penanggulangan. Hal tersebut juga perlu diilakukan dalam menghadapi peristiwa kebakaran. Pasalnya kejadian kebakaran dengan banyak menelan korban disebabkan karena kurangnya antisipasi.

Hari ini kita menggelar simulasi kebakaran guna mengantisipasi apabila terjadi kebakaran, yang pertama agar jangan panik kemudian cari titik apinya lalu ambil APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dalam bentuk tabung yang biasa di siapkan di rumah atau kantor-kantor maupun dengan kain yang sudah dibasahi air. Pungkasnya. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma

Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas