Dandim Banyumas Narasumber Warung Tarsun di RRI Purwokerto

Banyumas - Dandim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama, S.T. M. Han., melaksanakan dialog warung Tarsun "Dopokane Wong Banyumas"di Pro 1 RRI Purwokerto yang mengambil tema "Menjaga Persatuan Menyongsong Tahun Pemilu ", Rabu sore (16/08/2023) di RRI Purwokerto.


Warung Tarsun merupakan program/acara obrolan untuk membahas masalah aktual yang ada di Eks Karesidenan Banyumas "Barlingmascakeb" (Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap dan Kebumen) dan program ini merupakan program siaran langsung studio Pro 1 RRI Purwokerto sebagai media informasi dan komunikasi, sarana bersosialisasi, berdiskusi berdialog, menampung aspirasi masyarakat yang dilaksanakan secara online. Sehingga dengan dilaksanakan kegiatan tersebut, harapannya, TNI, Polri maupun Pemerintah Daerah dan masyarakat dapat bersinergi untuk bersama-sama membangun wilayahnya.

Selain Dandim 0701/Banyumas dalam narasumber dialog interaktif Warung Tarsun ini, antara lain Letkol Purn. Urip Ngadiman, Ketua Veteran Banyumas, Dr. Ahmad Sadik, M.A ., Pengamat Politik Unsoed Purwokerto dan Anom Adadari, S.E., Kepala RRI Purwokerto.

Dalam kesempatan itu Dandim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama, S.T. M. Han., dalam dialognya mengatakan Pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Sedangkan peran TNI dalam hal ini Kodim 0701/Banyumas yaitu memiliki tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan, yakni salah satunya membantu pemerintah agar semua rangkaian dan tahapan pemilu berjalan aman dan lancar.

Sesuai dengan penekanan dari Panglima TNI.  Untuk memegang teguh netralitas TNI dan tidak terlibat politik praktis dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 dan akan memberikan sanksi tegas bagi prajurit TNI yang terbukti terlibat dalam politik praktis.

Marilah kita bersama-sama menjaga  Persatuan dan Kesatuan menghadapi Pemilu 2024 menuju Indonesia Maju. Kodim 0701/Banyumas akan bersinergi dengan Polresta untuk menjaga situasi yang kondusif selama proses pemilu 2024. Pungkasnya. (Aul).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma

Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas