Cegah Abrasi, TNI-Polri Dan Pemcam Wangon Tanam Bambu

Banyumas - Untuk mewujudkan kepedulian dan peran serta satuan Kodim 0701/Banyumas Korem 071/Wijayakusuma dalam menunjang pelaksanaan program pemerintah daerah guna mewujudkan sasaran pembinaan teritorial, Koramil 19/Wangon bekerjasama dengan Polsek Wangon, Pemcam Wangon dan masyarakat Desa Banteran melaksanakan karya bakti.  Rabu 31/01/2024.


Kegiatan karya bakti tersebut diikuti Danramil 19/Wangon Kapten Inf Syukur, Camat Wangon Dwiyono, SE., M.Si., Kapolsek Wangon AKP Wawan Dwi Leksono, S.Sos., Kades Banteran Yulianto, SE., anggota Koramil 19/Wangon, anggota Polsek Wangon dan warga masyarakat Desa Banteran grumbul Karangtawang.

Pada kesempatan itu Danramil menyampaikan bahwa hari ini kita bersinergi menanam ratusan pohon bambu di bantaran sungai Tajum dalam rangka mencegah erosi tanah.  Fungsi pohon bambu di antaranya adalah melindungi dan memperkuat struktur tanah di tepi sungai agar tidak terjadi longsor. Terangnya.

Selain untuk mengurangi abrasi, bambu ini juga nantinya diharapkan bisa mengurangi dampak pemanasan global dengan kemampuan pohon dalam menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab terjadinya pemanasan global.

“Akar pohon dan tanah merupakan satu kesatuan yang kuat, sehingga mampu mencegah erosi atau pengikisan tanah di daerah bantaran sungai. Kegiatan ini juga diharapkan bisa memberikan pelayanan dan edukasi terhadap masyarakat bisa membantu mengurangi pengikisan tanah sungai sehingga tidak merugikan masyarakat. Semoga dengan tanaman bambu ini kelak bisa bermanfaat bagi lingkungan kita.

“Tujuan lain diantaranya, meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, meningkatkan kerjasama dan melestarikan budaya gotong royong dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Kebersamaan dan kegotong-royongan yang akan memberikan manfaat untuk mengatasi permasalahan yang kita hadapi.  Pungkasnya. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma

Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas