Kisah Sukses Babinsa Ajibarang Dengan Beternak Sapi Perah

Banyumas - Kesuksesan itu bisa diraih oleh semua orang, yang penting ada niat untuk maju dan berusaha. Kisah berikut mungkin bisa dapat dijadikan inspirasi kita semua untuk meraih sukses dengan beternak sapi perah, seperti apa yang sudah dilakukan oleh salah satu Babinsa di Koramil 13/Ajibarang yang sekarang mempunyai 7 ekor sapi perah. Selasa 30/01/2024.


Dialah Serka Daryanto yang merupakan seorang Babinsa yang berdinas di Koramil 13/Ajibarang Kodim 0701/Banyumas Korem 071/Wijayakusuma. Laki-laki yang lahir di Banyumas, 20 Maret 1979 ini sejak kecil sudah terbiasa memelihara sapi milik orangtuanya, setelah menjadi TNI-AD melalui Secata 1999 gelombang 1, pertama dinas di Yonif 412/Kostrad Purworejo dan tahun 2013 masuk Kodim 0701/Banyumas.

Dalam pengakuannya, Serka Daryanto menyampaikan bahwa untuk bisa sukses beternak sapi perah ini, yang pertama kita harus senang lebih dahulu dengan usaha kita, sejak awal ternak sapi perah ini saya hanya mempunyai 2 ekor dan di urus oleh orang, setelah saya pindah ke Kodim 0701/Banyumas, baru usaha itu saya tambahkan karena saya bisa ikut mengurus sapi secara langsung.

Alasan ternak Sapi perah adalah mempunyai dua keuntungan, yang pertama  bisa di ambil susunya setiap hari dan yang kedua Sapi perah setiap tahun harus beranak jadi bisa mendapatkan anak sapi juga.

Alhamdulillah sampai saat ini, saya sudah mempunyai sapi perah sebanyak 7 ekor yang berada di kandang Desa Glempang RT 07/02 Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas yang tiap hari bisa menghasikan susu sapi sebanyak 45-50 liter perhari, saya juga mengerjakan warga sekitar ditempat saya usaha, ada yang menjadi anak kandang, ada yang bertugas sebagai pencari pakan, pembersih kandang dan ada pula yang menjaga kandang tersebut.

Awalnya beternak sapi perah hanya sebagai hiburan karena ia senang memelihara sapi. Tapi ternyata hasilnya justru menjanjikan. Dari kisahnya, Serka Daryanto ini pun berbagi tips agar kesuksesanya juga dapat ditiru oleh orang lain. Pertama, kandang harus kuat, areal kandang sering dibersihkan. Kedua, lakukan pengecekan kesehatan hewan secara berkala, untuk mengetahui kesehatan hewan dan teknik memerah susu.


Lewat keuletan dan keseriusannya ini, kini Serka Daryanto sudah dapat menikmati usahanya yang terus berkembang. “Intinya, usaha apapun tidaklah susah, jika ada kemauan pasti ada jalan dan bisa sukses. Untuk urusan modal, ia telah membuktikan bahwa memulai usaha tidak harus merogoh kantong yang besar, tapi bisa dimulai dari kecil. Ingat pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit”, ungkapnya mengakhiri kisahnya.

Bergelut dengan usahanya yang mampu meraup banyak keuntungan tidak lantas membuatnya lupa dengan pekerjaan utamanya sebagai seorang Babinsa. Serka Daryanto tetap melaksanakan tugas dengan baik di Koramil 13/Ajibarang. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma

Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas