Tingkatkan Kemampuan Siswa, Koramil Banyumas Gelar LDK di SMP N 3

Banyumas – Guna meningkatkan kemampuan atau skill siswa dalam memimpin, Tampak Danramil 07/Banyumas Kapten Inf Putut Widodo dan Serma Edy S Babinsa Koramil 07/Banyumas Korem 071/Wijayakusuma memberikan materi Bela Negara dan Latihan Dasar Kepemimpinan kepada OSIS SMP Negeri 3 Banyumas dalam rangka Latihan Ketangkasan Baris Berbaris serta latihan tata cara upacara. Jumat 26/01/2024.


Pada kesempatan itu Danramil menyampaikan bahwa pelatihan PBB dan pembekalan LDK kepada pengurus OSIS siswa/siswi SMP Negeri 3 Banyumas ini bertujuan untuk memupuk sikap disiplin sejak dini kepada generasi penerus bangsa.

Tujuan lainnya yaitu melatih kepemimpinan siswa guna membangun karakter pribadi (personality) supaya semakin kuat serta meningkatkan kemampuan siswa dalam memimpin siswa/siswi yang lainnya di sekolah, karena pengurus OSIS nantinya yang akan menjadi contoh oleh mereka.

Beberapa materi LDK yang diberikan diantaranya tentang pengertian, fungsi, tujuan, dan manfaatnya. Yang meliputi Keorganisasian, Organisasi dan Tata Tertib Sekolah, Administrasi Keorganisasian, serta Penyusunan Program Kerja. Tambahnya.

LDK merupakan kegiatan tepat untuk melatih serta menumbuhkan rasa percaya diri para siswa/siswi yang menjadi peserta. Selama kegiatan ini akan dilatih agar mampu meningkatkan percaya diri dengan berbagai materi yang telah disampaikan, juga harus menyampaikan presentasi dan juga berbicara di depan khalayak, Jelasnya.


LDK sebagai sarana yang efektif membentuk siswa/siswi yang berkarakter, memiliki peran untuk melakukan pembinaan mental dan spiritual siswa. Dengan mengikuti LDK, diharapkan kredibilitas dan eksistensi siswa akan selalu bermanfaat bagi lingkungannya. Pungkasnya.

Selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Banyumas, Dodik Heksa  J, S.Pd Jas., menyampaikan bahwa terkait pelatihan LDK yang diberikan oleh anggota TNI dari Koramil 07/Banyumas, kami pihak sekolahan mengucapkan terima kasih atas semua pembekalan yang diberikan ke anak didiknya dan berharap dapat meningkatkan jiwa kepemimpinan bagi pengurus OSIS di SMP 3 Banyumas. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma

Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas