Babinsa Rawalo Bantu Pelaksanaan PIN Polio Serentak

Banyumas – Kementerian Kesehatan menggelar Pekan Imunisasi Nasional Polio atau Sub PIN Polio secara serentak. Kegiatan ini dilakukan untuk menanggulangi Kejadian Luar Biasa (KLB) polio, menyusul penemuan kasus lumpuh layu di Kabupaten Pamekasan dan Sampang, Jawa Timur serta Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.


Guna menindak lanjuti kegiatan PIN (Pekan Imunisasi Nasional). Serma Teguh S Babinsa Koramil 16/Rawalo beserta Bhabinkamtibmas Polsek Rawalo mendampingi Puskesmas Rawalo dan kader Posyandu Desa setempat menggelar operasi serentak pemberian imunisasi kepada anak usia tujuh tahun kebawah yang diselenggarakan Sub Pin Polio Rawalo. Jumat 23/02/2024.

Pada kesempatan itu Danramil 16/Rawalo Kapten Inf Sentot Priyanto menyampaikan bahwa kami dari Koramil Rawalo dan Polsek Rawalo membantu dinas kesehatan dari Puskesmas melaksanakan program pemberian Imunisasi Polio kepada anak-anak guna mencegah virus polio yang telah terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Untuk anak-anak yang mengikuti kegiatan PIN Polio ini umur berusia 0 sampai 7 tahun dengan jumlah hadir di Pos Pelayanan Desa Rawalo Kecamatan Rawalo sebanyak 430 anak. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mencegah infeksi dan penyebaran penyakit polio. Vaksin ini dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap poliovirus, yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan bahkan kematian.

Menurut dokter Hendro Harjito Kepala Puskesmas Rawalo jenis vaksin yang digunakan pada Sub PIN Polio kali ini adalah vaksin generasi terbaru, yaitu Novel Oral Polio Vaksin tipe 2 atau cVDVP2, yang diberikan sebanyak dua tetes dengan interval minimal satu bulan, yang didapatkan secara gratis oleh dinas kesehatan.

Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh petugas dan pendukung yang telah melaksanakan jalannya imunisasi Polio serentak, sehingga pelaksanaan berjalan dengan lancar serta anak-anak juga merasa terhibur dengan hadirnya TNI-Polri. Pungkasnya. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma

Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas