Militer, PNS Dan Persit Kodim Banyumas Terima Penyuluhan Bintal

Banyumas – Pembinaan mental adalah usaha untuk memperbaiki dan memperbaharui suatu tindakan atau tingkah laku seseorang melalui bimbingan mental/jiwanya sehingga memiliki kepribadian yang sehat, akhlak yang terpuji dan bertanggung jawab dalam menjalani kehidupannya.


Guna meningkatkan Iman dan Taqwa Militer, PNS, Persit Kodim 0701/Banyumas dan Kanminvetcad IV/1 Purwokerto serta Balakaju Dam IV/Diponegoro wilayah Korem 071/Wijayakusuma mengikuti penyuluhan pembinaan mental rohani dan ideologi kejuangan yang di selenggarakan oleh Bintal Kodam IV/Diponegoro yang dilaksanakan di Aula Jend. Soedirman Makodim 0701/Banyumas. Kamis 22/02/2024.

Dalam sambutan Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama S.T., M.Han., melalui Pasipers Kapten Arh Wagim mengatakan melalui penyuluhan pembinaan mental ini, Militer, PNS dan Persit diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta pengetahuan, memahami nilai kejuangan, serta pembinaan rohani agar kita semua dapat terhindar dari perbuatan yang tidak baik.

Diharapkan, para Militer, PNS dan Persit mengikuti serta menyimak dengan baik pemaparan oleh pemateri. Sebab orang yang memiliki mental yang sehat adalah yang memiliki sifat-sifat yang khas antara lain : mempunyai kemampuan untuk bertindak secara efesien, memiliki tujuan hidup yang jelas, memiliki konsep diri yang sehat, memiliki koordinasi antara segenap potensi dengan usaha-usahanya, memiliki regulasi diri dan integrasi kepribadian dan memiliki batin yang tenang. Pungkasnya.

Sementara itu Letkol Caj Joko Suwandono S.Ag., WakabintaldamIV/Dip., sebagai penyuluh menyampaikan kepada seluruh Militer, PNS dan Persit Kodim 0701/Banyumas, Kanminvetcad IV/1 Purwokerto serta Balakaju Dam IV/Diponegoro wilayah Korem 071/Wijayakusuma, kesehatan mental yang merupakan suatu kondisi batin agar senantiasa berada dalam keadaan tenang, aman dan tentram, serta upaya untuk menemukan ketenangan batin dapat dilakukan antara lain melalui penyesuaian diri secara resignasi (penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan), tuturnya.

Mental yang sehat adalah terwujudnya keserasian yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi kejiwaan dan terciptanya penyesuaian diri antara individu dengan dirinya sendiri dan lingkungannya berdasarkan keimanan dan ketakwaan serta bertujuan untuk mencapai hidup bermakna dan bahagia di dunia serta akhirat.

Dari beberapa defenisi yang telah dikemukakan di atas, maka dapat dipahami bahwa orang yang sehat mentalnya adalah terwujudnya keharmonisan dalam fungsi jiwa serta tercapainya kemampuan untuk menghadapi permasalahan sehari-hari, sehingga merasakan kebahagiaan dan kepuasan dalam dirinya. Pungkasnya. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma

Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas