Babinsa dan Masyarakat Bersihkan Saluran Irigasi

Banyumas – Membantu pengairan sawah petani, Serka Tri Asmoro Santo Babinsa Kalicupak Lor Koramil 08/Kalibagor Kodim 0701/Banyumas Korem 071/Wijayakusuma bersama Pemerintah Desa dan Masyarakat membantu Petani Desa Kalicupak Lor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas membersihkan saluran irigasi. Senin 27/05/2024.


Kerja bakti merupakan sarana kebersamaan antara Babinsa dengan warga guna membangun suatu hubungan yang harmonis dan kompak didalam kehidupan sehari-hari, melalui kerja bakti juga dapat mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan karna dikerjakan bersama-sama.

Pada kegiatan kerja bakti tersebut, Babinsa bersama warga saling bahu membahu untuk membersihkan saluran irigasi dari tumpukan rumput dan sampah yang menyebabkan terhambatnya saluran air menuju sawah warga.

Babinsa Serka Tri Asmoro Santo mengatakan, kegiatan kerja bakti ini merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan pertanian dan mengoptimalkan sistem irigasi dengan baik, maka harus dilakukan pembersihan saluran air supaya tidak tersumbat.

“Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus dijaga kelancarannya, sehingga sektor pertanian mampu panen dengan baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani,” ujarnya.

Dengan dibersihkannya saluran irigasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil pertanian sawah karena saluran air yang menuju sawah tersebut  lancar, kegiatan ini tentunya tidak terlepas dari bantuan pemerintah desa kepada masyarakat sehingga kebutuhan sumber air dapat terpenuhi karena begitu penting dalam menunjang keberhasilan dan peningkatan produksi hasil pertanian khususnya di daerah Desa Kalicupak Lor.

Selain memperlancar pengairan di lahan petani juga untuk mengantisipasi hujan deras yang dapat membuat jebol saluran irigasi tersebut karena intensitas air yang besar sehingga tangggul disaluran irigasi tersebut tidak kuat menahan debit air yang tinggi.

Apresiasi atas semangat kerja bakti atau gotong royong warga, semoga dengan kerja bakti dan gotong royong bersama dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kita dan masyarakat khususnya di wilayah binaanya. Pungkasnya. (Str).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma

Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas