Dandim 0701/Banyumas Dampingi Pangdam IV/Diponegoro Tinjau Perkebunan Darmakradenan

Banyumas – Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama S.T., M.Han., menyambut Kunjungan Kerja Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si. dalam rangka Peninjauan lahan milik TNI AD dan Bakti sosial di Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Selasa (28/05/2024).


Turut hadir dalam rombongan Pangdam IV/Diponegoro, Kolonel Inf Jamaluddin, S.I.P., (Danrem 071/Wijayakusuma), Kolonel Inf Honi Havana, M.M.D.S., (Asrendam IV/Diponegoro), Kolonel Czi Chandra Adibrata (Aslog Kasdam IV/Diponegoro), Kolonel Inf Lukman Hakim, M.Han (Aster Kasdam IV/Diponegoro), Letkol Inf Andy Soelistyo K.P., S.Sos., M.Tr.(Han)., (Kapendam IV/Diponegoro).

Pada kesempatan itu Pangdam IV/Diponegoro beserta rombongan disambut oleh Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama, S.T., M.Han., (Dandim 0701/Banyumas), Letkol Inf Darul Quthni, S.Pd (Kasiter Korem 071/Wijayakusuma), AKBP Hendri Yulianto, S.I.K, M.H. (Wakapolresta Banyumas), Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian (Kasdim 0701/Banyumas), Kolonel (Purn) Nana Supriyatna (Kepala Yardip), Agus Nur Hadie, S.Sos., M.Si (Pj. Sekda Kab. Banyumas), Agus Suprapta, S.H., M.Kn (Kepala BPN Kab. Banyumas), Muhammad Mustqin (Komisaris PT. RSA), Isdianarto Aji Wibowo (Direktur PT. RSA IV Darmakradenan), Imam WS (Kades Darmakradenan) Forkopimcam Ajibarang dan tamu undangan lainnya.

Dalam kunjungannya Pangdam IV/Diponegoro menyampaikan bahwa peninjauan Kebun Darmakradenan ini merupakan bentuk silaturahmi antara Kodam IV/Diponegoro selaku pemilik Yayasan Rumpun Diponegoro dengan masyarakat yang bertempat tinggal di area lahan Kebun Darmakradenan dan PT Rumpun Sari Antan selaku pengelola lahan TNI AD yang menjadi wilayah tanggung jawab pengawasan Kodam IV/Diponegoro.

Berbagai upaya nyata TNI AD guna mendukung program Pemerintah dalam Ketahanan Pangan Nasional salah satunya adalah dengan menanami lahan-lahan tidur yang tersedia termasuk lahan milik TNI AD yang ada dan dikelola PT Rumpun Sari Antan di wilayah Kabupaten Banyumas.

Pangdam IV/Diponegoro mengajak masyarakat dan PT Rumpun Sari Antan saling bergandengan tangan serta bergotongroyong agar dapat mengubah lahan-lahan tidur yang tersedia menjadi lahan produktif yang hasilnya dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi kita semua.

Dalam kunjungannya Pangdam IV/Diponegoro juga melaksanakan kegiatan Bakti Sosial kepada warga Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang dan Desa Samudra Kecamatan Gumelar serta Penyerahan Alat-alat Olahraga kepada SD Negeri 3 Darmakradenan.


Pada kesempatan tersebut, Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama S.T., M.Han., menyampaikan bahwa Kodim 0701/Banyumas siap membantu PT Rumpun Sari Antan terkait pengolahan aset milik Kodam IV/Diponegoro, dan berkomitmen untuk mendukung program ketahanan pangan nasional melalui optimalisasi lahan di wilayahnya.

“ Kodim 0701/Banyumas akan terus bersinergi dengan berbagai pihak terkait, seperti pemerintah daerah, petani, dan penyuluh pertanian, untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Banyumas,” Ujar Dandim 0701/Banyumas.

Dengan adanya dukungan penuh dari TNI AD dan kolaborasi erat dengan pemerintah daerah, diharapkan lahan milik TNI AD di Kabupaten Banyumas dapat dikelola secara optimal dan memberikan kontribusi signifikan terhadap ketahanan pangan nasional. Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat melalui peningkatan produksi pertanian dan kesempatan kerja yang lebih luas.

Kegiatan peninjauan ini tidak hanya menjadi simbol komitmen TNI AD dalam meningkatkan produksi pangan, tetapi juga sebagai langkah nyata dalam memastikan bahwa setiap potensi lahan dapat menjadi lahan produktif yang dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan rakyat. (Str).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma

Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas