Babinsa Dampingi PPL dan Petani Dalam Pengendalian Hama Tikus di Wilayahnya

Banyumas – Demi meingkatkan kualitas pertanian di wilayah binaan, Babinsa Koramil 15/Pekuncen Kodim 0701/Banyumas Korem 071/Wijayakusuma Serma Jarwo melaksanakan pendampingan kegiatan penyuluhan pengendalian hama tikus kepada Gapoktan Guyub di areal sawah Desa Glempang Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas, Senin (24/06/2024).


Terkait hal tersebut, , Babinsa Koramil 15/Pekuncen Serma Jarwo bersama petugas dari Dinas Pertanian, PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan), Kepala Desa Glempang, Perangkat Desa, serta Kelompok Tani (Poktan) melakukan langkah preventif dengan melakukan kegiatan pengendalian, guna mengatasi hama tikus agar tidak mengancam keberlangsungan tanaman padi.

Kegiatan penyuluhan penanggulangan hama tikus kepada Kelompok Tani Guyub diawali dengan pengarahan dari kordinator Dinas Pertanian ibu Astuti dan dilanjutkan dengan tata cara pemasangan pestisida untuk hama tikus yang di sampaikan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Dinas Pertanian Kecamatan Pekuncen.

Dalam kesempatan itu Serma Jarwo mengatakan kegiatan penyuluhan penanggulangan hama tikus yang dilaksanakan merupakan tindakan pencegahan yang dilakukan bersama-sama, baik dengan petugas pertanian maupun petani yang tergabung dalam Poktan Desa Glempang Kecamatan Pekuncen.

”Hari ini kita bersama-sama turun langsung mengaplikasikan tentang cara penanggulangan hama tikus menggunakan pestisida,”ujarnya.

Penyuluhan penanggulangan hama tikus diharapkan dapat membantu petani agar mengerti tata cara penanganan hama tikus menggunakan pestisida agar hasil panen petani selalu meningkat dan tidak mengalami gagal panen.

“Ini adalah upaya kita bersama, baik TNI maupun Dinas Pertanian akan selalu hadir ditengah-tengah petani untuk membantu segala kendala yang dialami para petani. Semua itu merupakan komitmen kita dalam mendukung terwujudnya swasembada pangan,” tandasnya. (Str).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma

Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas