Kodim Banyumas Turut Pecahkan Rekor Muri 10.000 Lengger Bicara

Banyumas - Pagelaran 10.000 Lengger Bicara berhasil tercatat dalam rekor Muri yang berlangsung sangat meriah bertempat di GOR Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Sabtu (22/06/2024).


Sebanyak 10.000 penari yang berasal dari berbagai sanggar, komunitas seni budaya, pelajar, TNI, Polri, Persit, Bhayangkari, Dharma Wanita, PKK, dan lain-lain, turut serta dalam pemecahan rekor Muri.

Tarian lengger berlangsung selama 15 menit diiringi lagu Eling-eling Banyumasan Ciwit-Ciwitan dan Dangdutan Ciwit-ciwitan. Semua peserta mengenakan selendang warna-warni menari dengan dipimpin oleh maestro lengger sekaligus produser acara Rianto.

Tidak hanya masyarakat Banyumas yang mengikuti Banyumas 10.000 Lengger Bicara, Kodim 0701/Banyumas bersama Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVI Kodim Banyumas turut serta meramaikan pagelaran tersebut. 

Nampak di atas panggung juga terlihat Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama S.T., M.Han.,beserta Maestro Tari Indonesia "Didik Nini Towok" Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, S.STP., MSi.,Ketua DPRD Kabupaten Banyumas dr Budhi Setiawan, Ny Erna Husein dan undangan VVIP lain ikut menari bersama.

Sementara itu, Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama S.T., M.Han., merasa bangga karena dapat turut serta mengikuti pagelaran 10.000 Lengger Bicara yang sangat antusias diikuti oleh semua elemen masyarakat Banyumas.

"Semoga Kontribusi kami dalam acara ini dapat menambah kecintaan masyarakat terhadap seni tari lengger, sehingga dapat mengangkat potensi seni pertunjukan di Kabupaten Banyumas," ujarnya.


Tarian kolosal 10.000 Lengger Bicara ini merupakan rangkaian kegiatan Semarak Ka Ta Kreatif 2024 Tingkat Jawa Tengah yang digelar pada tanggal 21 – 23 Juni 2024 di Menara Teratai Purwokerto dan GOR Satria Purwokerto. 

Terpilihnya Banyumas sebagai tuan rumah Semarak Ka Ta Kreatif mengingat Kabupaten Banyumas termasuk 5 kabupaten/kota yang meraih penghargaan Ka Ta Kreatif bersama Kabupaten Sleman, Batang, kota Makassar dan Pangkalpinang. Banyumas meraih penghargaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kategori Seni Pertunjukan. (Str).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma

Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas