Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Bantarwuni Edukasi Stop Bullying

Banyumas - Dalam rangka mencegah terjadinya kasus perundungan atau bullying yang marak dikalangan pelajar, Babinsa Desa Bantarwuni Koramil 06/Kembaran Kodim 0701/Banyumas Korem 071/Wijayakusuma Serma Puji Waluyo bersama Bhabinkamtibmas Desa Bantarwuni Polsek Kembaran Aipda Nahar Adi memberikan Sosialisasi Edukasi tentang bahaya Bullying di lingkungan sekolah, bertempat di SD Negeri 2 Bantarwuni, Jl. Raya Bantarwuni Kec. Kembaran Kab. Banyumas. Selasa (30/07/2024).


Kegiatan Sosialisasi Edukasi tentang bahaya Bullying dihadiri oleh Kepala Sekolah SD Negeri 2 Bantarwuni, Mintarsih, S.Pd., serta Guru pembina SD Negeri 2 Bantarwuni dan Siswa-siswi SD Negeri 2 Bantarwuni.

Dalam penyampaiannya, Serma Puji Waluyo menjelaskan bahwa, Perundungan atau bullying adalah segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang terhadap orang lain, baik melalui fisik atau psikologis, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus sehingga berpotensi membuat siswa/siswi trauma minder dan lebih fatal lagi dapat mengakibatkan korban fisik dan korban jiwa.

Tindakan perundungan/bullying tidak hanya berupa kekerasan secara fisik kepada korban, seperti memukul, menampar, atau menendang. Juga dapat berupa tindakan tanpa melakukan kekerasan fisik tetapi bisa juga seperti mengejek, memanggil seseorang dengan sebutan yang tidak sewajarnya, bahkan cenderung tidak sopan yg dapat menyakitin perasaan orang lain.

“Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk siswa-siswi, agar selalu diingat bahwa di dalam lingkungan sekolah harus saling menghargai dan menghormati sesama siswa,” ucapnya.

Lebih lanjut Serma Puji Waluyo berharap melalui kegiatan ini, siswa-siswi SD Negeri 2 Bantarwuni dapat mengerti dan memahami tentang bahaya bullying baik dilingkungan sekolah dan di rumah, agar selalu ingat dalam lingkungan sekolah harus saling menghargai dan menghormati sesama siswa, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan lancar dan tidak ada gangguan, sehingga terbentuk sumber daya manusia (SDM) yang handal, pungkasnya. 

Kepala Sekolah SD Negeri 2 Bantarwuni, Mintarsih, S.Pd., mengungkapkan bahwa pelaksanaan sosialisasi ini bertujuan untuk mencegah terjadinya bullying di SD Negeri 2 Bantarwuni.

“Sosialisasi anti bullying yang dilaksanakan dengan menggandeng Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Bantarwuni Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya bullying di SD Negeri 2 Bantarwuni. Serta memberikan motivasi kepada anak didik kami karena penyampaian secara langsung dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas,’’ucapnya. (Str).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma

Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas