Kendalikan Hama, Babinsa Teluk Dampingi Petani Semprot Tanaman Padi

Banyumas - Serka Sutarman Babinsa Kelurahan Teluk Koramil 25/Purwokerto Selatan Kodim 0701/Banyumas Korem 071/Wijayakusuma bersama PPL Kelurahan Teluk melaksanakan kegiatan pendampingan penyemprotan hama tanaman padi milik Kelompok Tani Makarti Tani, bertempat di areal sawah Kelurahan Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Rabu (31/07/2024). 


Serka Sutarman menyampaikan, sebagai salah satu upaya meningkatkan hasil panen padi kami para Babinsa harus aktif membantu petani, menyadari akan tugas pokoknya sebagai Babinsa kami harus selalu hadir dan peduli dengan situasi maupun kondisi kesulitan warga binaannya.

“Penyemprotan ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap serangan hama seperti wereng dan walang sangit. Ini lebih diutamakan untuk pencegahan, karena bila sudah terserang akan kerepotan dalam mengendalikannya,” ujar Babinsa. 

Pada perawatan tanaman padi kali ini dilakukan penyemprotan menggunakan obat serangga dengan tujuan untuk mengendalikan sekaligus membasmi hama serangga termasuk wereng dan walang sangit. 

Lanjutnya, dengan perawatan tanaman padi yang benar, baik itu pemupukan, pengairan, maupun penyemprotan terhadap hama, tentunya bisa meningkatkan kesuburan pada tanaman padi. Harapannya, saat panen tiba bisa menghasilkan gabah yang melimpah dan berkualitas serta dapat mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan dan swasembada pangan.

“Penyemprotan padi ini memang harus dan wajib dilakukan agar pertumbuhannya tetap baik hingga tiba masa panen. Jika tidak disemprot, dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan seperti tanaman akan dimakan hama, dan hasil panen kurang maksimal,” imbuh Babinsa. 

Ini merupakan upaya TNI AD dalam bersinergi dengan Poktan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam bidang pertanian, sehingga perolehan hasil panen padi nantinya maksimal dengan perlunya perhatian yang khusus tentang cara perawatan, pemupukan, dan pengendalian hama tanaman. (Str).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma

Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas