Mengukur Kemampuan Prajurit dan PNS, Kodim Banyumas Jalani Garjas

Banyumas - Kesamaptaan jasmani yang baik sangat menentukan karier prajurit ke depan, karena kesiapan serta kesamaptaan baik prajurit akan memudahkan dalam menempuh seleksi, baik seleksi pendidikan maupun seleksi penugasan. Hal tersebut disampaikan Pasipers Kapten Arh Wagim saat memberikan pengarahan pada apel pelaksanaan tes kesegaran jasmani  Semester II Tahun 2023 kepada Prajurit dan PNS Kodim 0701/Banyumas, di Gor Susilo Sudarman Komplek Unsoed Purwokerto Kabupaten Banyumas, Selasa 24/10/2023.


Tes kesegaran jasmani ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik prajurit, selain itu juga agar kondisi tubuh kita tetap sehat dan bugar, tidak hanya dalam tugas operasi saja tetapi dalam berbagai seleksi pendidikan tes kesegaran jasmani menjadi materi penting, serta untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit sekaligus mengukur kemampuan kesamaptaan jasmani seorang prajurit secara berkala, tambahnya.

Untuk pelaksanaan kesegaran Jasmani,  diutamakan faktor keamanan personil, jadi jangan dipaksakan guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Kegiatan ini di ikuti para prajurit dan PNS Kodim 0701/Banyumas dan jajaran Koramil selama tiga hari kedepan.

Dengan diadakannya kegiatan tes kesegaran jasmani tersebut diharapkan para prajurit bisa memenuhi target nilai yang sudah ditentukan, serta bisa memelihara kebugaran tubuh masing-masing sehingga bisa menunjang pelaksanaan tugas pokok.


Target kita adalah sesuai dengan kriteria nilai yang sudah di tentukan dari keseluruhan tes kesamaptaan baik itu kesegaran jasmani A dan B minimal adalah nilai 51. Diketahui dalam tes kesegaran jasmani ada beberapa kriteria yang diujikan meliputi samapta A materi lari 12 menit dan B yang terdiri dari materi sit up, push up, pull up, dan shuttle run serta renang dasar militer.

Test Kesegaran Jasmani ini di ikuti oleh Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Kodim 0701/Banyumas, sebagai pelaksana dari Jasrem 071/Wijayakusuma dan sebagai unsur pengawas Staf Pers Korem 071/Wijayakusuma serta unsur pendukung adalah Staf Pers Kodim 0701/Banyumas dan dari Denkesyah 04-04-01, Rumkit TK-III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto. (AuL).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanamkan Jiwa Disiplin, Koramil Jatilawang Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan di SMP Negeri 1

Tim Slogdam IV/Diponegoro Periksa Kendaraan Dinas Kodim Banyuma